Office : 0358554142 | WA / Phone : 0856-483-90911(isat),0822-665-99990(tsel) admin [at] bikindesainsitus.web.id

Tips ini mungkin akan sangat berguna bagi teman-teman yang ingin memulai profesi sebagai web desainer. Anda mungkin pernah mengakses sebuah web tapi nge-load halamannya nggak kelar-kelar, kalo istilah saya adalah website lambat tapi santai bro, ini saya kasih solusinya. Kenapa web lambat jadi masalah? karena walo cuma nunggu beberapa detik biasanya pengunjung akan langsung cabut dari web kita.

Tutorial ini bukan murni dari saya, tapi dari hasil surfing dan silaturahmi lewat blog walking. Langsung khi, (sapaan akrab ketika saya masih di pesantren Langitan. Kependekan dari akhi yang artinya saudara) baca dengan teliti, jangan kedip, mulut tutup (jangan menganga nanti kemasukan lalat), eh, jangan lupa secangkir kopi tubruk arabica + jinten hitam dan camilan coklat (biar cepat gembrot)

Jangan pakai table
Mungkin sangat asyik kalo desain web pakai table. Tinggal insert table, atur berapa kolom dan barisnya, sisipkan image / gambar dll. Tapi tahu nggak, bahwa apabila web designer menggunakan table, maka hasil halamanya akan berat dan memerlukan waktu extra untuk di load alias lebih lelet. Jadi sebisa mungkin dan harus bisa ..!! (maksa-nich.com) Jangan pakai table. Lha harus pakai apa..? (pasang-wajah-melas.com). Solusinya : anda juga bisa mengatur kolom dan baris ketika mendesain web tanpa pakai table tapi menggunakan css. Selain itu, dengan css halaman web anda akan semakin ramping karena kode cssnya bisa anda letakkan terpisahkan dari file induk. Jadi, walau memiliki beberapa halaman berbeda anda bisa menggunakan satu file css. Dan ini secara langsung mempengaruhi kecepatan load halaman web. Dan kebetulan web desain ini mengggunakan css dalam setiap desainya. So jangan kuatir .. he..3x(lagi-promosi.biz).

Animasi flash
Memang sebuah web akan kelihatan semakin hidup dan menarik ketika ada animasi flashnya. Tapi perlu dipertimbangkan lagi, sebab animasi tersebut akan memperberat browser dalam me-load sebuah halaman situs. Apalagi kebanyakan pengakses menggunakan fasilitas dari warnet yang kita tahu kebanyakan lelet kayak bekicot kakinya bengkak. belum lagi, kalo browser yang di pake belum terinstall flash plugin sesuai dengan versi flash anda, yang berakibat tampilan (yang seharusnya menarik, menjadi cuma kotak kosong) .Kecuali kalau memang situs anda menjual game flash, ya lain lagi ceritanya.

Ukuran gambar
Ukuran gambar disini baik pixel ataupun berat (kb). Jadi ketika anda bermasud memasang gambar sebagai background maka usahakan gambar tersebut telah anda kompres. Kalo tutorial pake gimp dengan cara ; buka gambar yang anda inginkan – save as – pilih format / akhiran file .jpg – save, pada quality pilih 60%. Sekarang bandingkan ukuran (kb) file asal dan hasil dari save as tadi.

Sekian dulu tutorial dari saya, semoga bisa disambung lagi…

Komentar via Pezbux :

Pin It on Pinterest