Office : 0358554142 | WA / Phone : 0856-483-90911(isat),0822-665-99990(tsel) admin [at] bikindesainsitus.web.id

Bagaimana mengatasi mysql yang membengkak?

cerita dulu ya..? sebenarnya saya nggak nyangka kalau hal ini terjadi. Bagaimana tidak, tiba-tiba database wordpress overquota alias membengkak, padahal baru saja upgrade ke lebih lapang servernya. Kejadiannya, malam habis ngaji (ingat akhirat bro…) saya buka dashboard website ini, saya lihat ada lima komentar spam sudah ngantri, ke tekape delete. Beres…. pada menu update ada notifikasi bahwa ada dua plugin yang tersedia updatenya. Langsung saya mutakhirkan, ketika proses pemutakhiran berjalan ada komentar “Tidak dapat meilhat direktori /website/wp-content/upgrade/all-in-one-seo-pack.tmp/all-in-one-seo-pack/all_in_one_seo_pack-bg.tmp”. Weleh-weleh, ada apa ini??. solusinya saya tanyakan ke pakde google, dapat petuah katanya suruh download manual dan upload ke server.

Belum sempat download plugin, tiba-tiba mysql down tidak bisa konek. Waduh…… sabaaaaar.. saya segera hubungi hubungi CS hosting, tunggu sebentar….. jreng… mysql normal lagi. Belum seberapa lama, eeehh… down lagi. Nahan napas………… hmmmmm. Lihat lihat log di control panel teperangah, ternyata sudah sangat over kuota, disarankan pihak hosting untuk upgrade paket yang lebih tinggi. Megang jidad lagi…. padahal baru saja upgrade kapasitas hosting. Lihat jam dinding sudah pukul 01.00 dini hari, daripada pusing aku tinggal tidur. Zzzzzzzzzzzz………………..

besoknya baru cari-cari artikel tentang pembengkakan database sambil ditemani segelas kopi. Blusukan ke berbagai blog, sempat su’udzon (berburuk sangka) dengan plugin chance dan STT2, tapi ternyata salah besar. Maaf mas poer . Hampir putus asa. Sruput lagi kopinya, hmmmm…….. nikmat. Setelah pikiran tenang, kembali login di control panel website, untuk melihat manakah query pada mysql yang paling besar, ternyata ketemu wp_redirection_log yang memakai quota lebih dari 99 % jatah di hosting. Setelah silaturahmi ke beberapa blog semakin yakin untuk mendelete plugin redirection dan mengosongkan/truncate wp_redirection_log di phpmyadmin. Dan Alhamdulillah sekarang database sudah ramping, tinggal beberapa MB saja. Jadi solusi database wordpress membengkak adalah nonaktifkan log pada plugin redirection, kalau memang maksa pakai plugin ini

Komentar via Pezbux :

Pin It on Pinterest